Buat apa sih taman kota itu?

Kata-Kata “pemanasan Global” sering sekali muncul dihadapan kita. Banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang membicarakan tentang hal ini. Secara singkat pemanasan global dapat diartikan sebagai proses peningkatan suhu rata-rata muka bumi.

Pemanasan Global bukanlah sebuah masalah yang sepele, karna bila tidak dicegah dari sekarang akan menyebabkan dampak buruk untuk tahun-tahun mendatang.

Banyak sekali cara untuk mengindari pemanasan global seperti melakukan penghijauan, mengurangi penggunaan ac, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, tidak mebakar plastic, dan lain-lain.

Dalam blog ini kami akan memfokuskan kepada penghijauan. Penghijauan yang kita ambil adalah dengan cara pembuatan taman kota yang memiliki kualitas tinggi. Apa maksutnya kualitas tinggi? Kualitas tinggi bermaksudkan bahwa taman kota yang diciptakan adalah taman kota yang terawat (bersih ,rapih, dll).

Ada banyak fungsi yang didapat bila kota Jakarta memiliki taman kota. Beberapa fungsinya berkaitan dengan fungsi hidroorologis, ekologi, kesehatan, estetika dan rekreasi.

Dibawah ini merupakan fungsi-fungsi dari taman kota:

1. Taman perkotaan yang merupakan lahan terbuka hijau, dapat berperan dalam membantu fungsi hidroorologi dalam hal penyerapan air dan mereduksi potensi banjir.

2. Taman kota mempunyai fungsi kesehatan. Taman yang penuh dengan pohon sebagai jantungnya paru-paru kota merupakan produsen oksigen yang belum tergantikan fungsinya.

3. Taman kota mempunyai fungsi ekologis, yaitu sebagai penjaga kualitas lingkungan kota.

4. Taman dapat juga sebagai tempat berolah raga dan rekreasi yang mempunyai nilai sosial, ekonomi, dan edukatif.

5. Memiliki nilai estetika. Dengan terpeliharanya dan tertatanya taman kota dengan baik akan meningkatkan kebersihan dan keindahan lingkungan, sehingga akan memiliki nilai estetika.

taman

Tinggalkan komentar