Struktur Taman Kota yang Ideal

TAMAN KOTA IDEAL

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa taman kota memeiliki banyak manfaat pada kehidupan kita. Tetapi manfaat itu tidak mungkin muncul tanpa adanya dukungan fasilitas yang diberikan oleh taman itu sendiri.

Beberapa hal yang diperlukan agar mencapai taman kota yang ideal adalah:

  1. Taman tersebut lebih baik bila memiliki tanaman yang menarik. Seperti pohon palm, pohon bunga sepatu, bunga mawar, dll
  2. Rumput-rumput yang tertanam di taman tersebut tidak boleh melebihi mata kaki. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu para penikmat taman. Rumput yang terlalu panjang akan mengganggu orang-orang yang sedang bersantai di taman.
  3. Di taman tersebut juga harus disediakan tempat duduk yang berjumlah minimal lebih dari 3. Hal ini bertujuan agar para penikmat taman bisa bersantai walaupun iya lupa membawa alas duduk.
  4. Toilet juga merupakan hal yang penting yang harus ada di taman kota. Toilet yang disediakan haruslah yang bersih, cukup cahaya dan lubang udara. Adanya toilet ini bertujuan agar menghindari dari orang-orang yang buang air sembarangan. Dengan tidak membuang air sembarangan akan menambah kualitas taman kota menjadi lebih baik.
  5. Di taman kota juga harus disediakan tempat sampah yang teratur. Teratur di sini berartikan bahwa tempat sampah tersebut harus memiliki minimal 2 jenis bagian yaitu tempat sampah organic dan non-organik.
  6. Karna taman kota juga diartikan sebagai tempat berekreasi jadi tempat bermain juga sangat diperlukan disini. Tempat bermain tersebut tidaklah harus yang terlalu luas Dengan 5 mainan juga dapat memberikan banyak manfaat kepada pengunjung.
  7. Tempat makanan juga diperlukan di taman kota. Tetapi sebaiknya bila membangun tempat berjualan di taman kota tempat tersebut tidak terlalu dekat dengan areal duduk-duduk, karena bau dari makanan tersebut bisa mengganggu para pengunjung.
  8. Sebaiknya bila ingin membuat taman kota, taman tersebut tidak dibuat di dekat sungai, kali atau sebagainya, karna seperti yang sudah kita ketahui bahwa sungai atau kali di Jakarta memiliki penampilan dan bau yang buruk, Hal tersebut sangat dapat mengurangi nilai keindahan dari taman kota itu sendiri.

8 hal diatas merupakan hal dasar yang dibutuhkan untuk menciptakan taman kota yang ideal. Sebenarnya masih ada banyak syarat yang harus dipenuhi agar membentuk taman kota yang lebih ideal, tetapi hanya dengan menggunakan 8 cara diatas taman kota sudah cukup layak untuk dikunjungi.


Taman yang Idealis

Tinggalkan komentar